10 Cara Mengatasi Microsoft Excel Error: Panduan Lenkap

Cara Mengatasi Microsoft Excel Error – Microsoft Excel, sebuah nama yang tak asing lagi bagi para pekerja kantoran, mahasiswa, atau siapa pun yang terlibat dalam pekerjaan yang melibatkan pengolahan data.

Dalam dunia yang semakin terdigitalisasi ini, Excel telah menjadi sahabat setia yang siap membantu kita mengelola angka, menganalisis data, dan membuat laporan yang rapi. Dengan antarmuka yang intuitif dan berbagai fitur canggihnya, Excel telah membuktikan dirinya sebagai program spreadsheet terdepan di dunia.

Excel memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengatur data dalam format tabel, memasukkan rumus matematika dan logika, serta menerapkan format yang konsisten dan menarik.

Dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan dan pengurangan hingga analisis data yang rumit, Excel memberikan kemampuan tak terbatas untuk mengolah informasi dengan cepat dan efisien.

Dengan sekali klik, grafik dan diagram menarik dapat dibuat untuk memvisualisasikan data dan memudahkan pemahaman.

Namun, tahukah Anda beberapa pengguna mengalami masalah saat menggunakan Microsoft Excel, seperti Error, tidak bisa diketik, tidak bisa dibuka, tidak bisa diedit dan bahkan mengalami not responding.

Jika Anda mengalami masalah yang serupa, berikut ulasan yang wajib Anda simak Agar dapat menemukan solusi yang tepat. Yuk simak terus pembahasan Bmaster23.

Penyebab Microsoft Excel Error Tidak Bisa Diketik

Penyebab Microsoft Excel Error Tidak Bisa Diketik

Apakah Anda pernah mengalami masalah ketika mencoba membuka Microsoft Excel dan menemukan bahwa program tersebut tidak bisa dibuka?

Jangan khawatir, Anda tidak sendirian! Ada beberapa alasan umum mengapa Excel mungkin tidak bisa dibuka. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui:

  • Masalah instalasi

Instalasi yang rusak atau file yang hilang dapat menghambat proses pembukaan Excel.

Pastikan instalasi program Excel Anda sudah benar dan tidak ada file yang rusak atau hilang.

  • Masalah dengan add-ins

Add-ins atau pengaya Excel dapat memberikan fungsi tambahan ke program.

Namun, beberapa add-ins mungkin tidak kompatibel dengan versi Excel yang Anda gunakan atau dapat menyebabkan konflik yang menghambat pembukaan program.

  • File Excel korup atau terinfeksi virus

File Excel yang korup atau terinfeksi virus dapat menghalangi pembukaan Excel dengan sukses. Pastikan file Excel Anda aman dan bebas dari virus.

  • Ukuran file yang terlalu besar atau struktur file yang rumit

Ukuran file yang terlalu besar atau struktur file yang rumit dapat mempengaruhi kemampuan Excel untuk membuka file dengan cepat dan lancar. Pertimbangkan untuk memeriksa ukuran dan struktur file Excel Anda.

  • Program yang belum diaktivasi

Microsoft Office (termasuk Microsoft Excel) yang belum diaktifkan setelah masa trialnya berakhir tidak akan dapat digunakan.

Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk segera melakukan aktivasi agar Anda dapat kembali menggunakan Microsoft Office dengan normal.

Aktivasi diperlukan untuk mengaktifkan lisensi dan memastikan akses penuh ke fitur-fitur yang disediakan.

  • Masalah setelah update Windows

Beberapa pengguna mengalami masalah dengan Microsoft Office setelah melakukan update Windows.

Masalah ini mungkin disebabkan oleh package yang tidak berhasil ter-update atau terinstall secara lengkap.

Penting untuk mencari solusi dan memperbaiki masalah ini agar Microsoft Office dapat berfungsi dengan baik setelah update Windows.

Cara Mengatasi Excel Error Tidak Bisa Diketik dan Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Excel Error Tidak Bisa Diketik dan Tidak Bisa Dibuka

Kendala ini dapat terjadi dalam berbagai bentuk, seperti pesan kesalahan yang muncul, excel not responding, atau bahkan crash yang tiba-tiba.

Namun, jangan khawatir! Ada berbagai cara untuk mengatasi Microsoft Excel error yang dapat membantu Anda melanjutkan pekerjaan Anda dengan lancar.

1. Restart Laptop atau PC

Restart laptop atau PC adalah salah satu langkah yang sederhana namun efektif untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi, termasuk masalah dengan Microsoft Excel.

Restart memberikan kesempatan bagi sistem komputer untuk memulai ulang dan memperbarui konfigurasi yang mungkin terganggu.

Selain itu, restart juga membantu menghapus memori sementara dan menyelesaikan masalah yang disebabkan oleh konflik perangkat lunak.

Restart memungkinkan sistem komputer untuk memuat ulang konfigurasi dan perangkat lunak dengan benar, yang dapat membantu mengatasi masalah yang terjadi pada Microsoft Excel tidak bisa diketik.

2. Cek Verifikasi aktivasi

Sebelum Anda mulai menggunakan Microsoft Excel, pastikan aktivasi sudah dilakukan dengan benar. Verifikasi status aktivasi dan pastikan lisensi Anda valid.

Aktivasi yang tepat akan memastikan bahwa Anda dapat menggunakan Excel secara penuh dengan semua fitur dan fungsionalitas yang disediakan.

Jadi, jangan lupa untuk memeriksa dan memastikan bahwa Microsoft Excel Anda sudah diaktivasi dengan sukses sebelum memulai pekerjaan Anda.

Untuk memeriksa status aktivasi Microsoft Excel, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Microsoft Excel di komputer Anda.
  2. Pergi ke menu “File” di bagian atas jendela Excel.
  3. Pilih “Akun” atau “Account” di panel sebelah kiri.
  4. Di sebelah kanan, Anda akan melihat informasi tentang “status aktivasi Excel”.
  5. Periksa apakah ada pesan atau notifikasi yang mengindikasikan bahwa aktivasi Excel belum selesai atau ada masalah dengan lisensi.
  6. Jika terdapat masalah dengan aktivasi, Anda dapat mengklik tombol “Aktifkan” atau “Activate” untuk memulai proses aktivasi.
  7. Ikuti langkah-langkah yang diberikan dalam proses aktivasi untuk memasukkan “lisensi yang valid” dan mengaktifkan Microsoft Excel.
Baca Juga :  U904 Endpoint Error Artinya ? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pastikan Anda menggunakan lisensi yang sah dan valid untuk mengaktifkan Excel agar dapat menggunakan program dengan semua fitur yang tersedia.

3. Periksa Pembaruan Excel

Agar dapat memaksimalkan pengalaman penggunaan Microsoft Excel, pastikan Anda selalu menggunakan versi terbaru dari perangkat lunak ini.

Pastikan Anda melakukan pembaruan ke versi terbaru Microsoft Excel untuk mendapatkan manfaat dari perbaikan bug dan peningkatan kinerja yang terkandung di dalamnya.

Pembaruan tersebut dapat mengatasi masalah yang mungkin Anda alami, memperbaiki kerentanan keamanan, dan memberikan fitur baru yang berguna.

Untuk memeriksa pembaruan untuk Microsoft Excel, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Microsoft Excel di komputer Anda.
  2. Pergi ke menu “File” di bagian atas jendela Excel.
  3. Pilih “Akun” atau “Account” di panel sebelah kiri.
  4. Di sebelah kanan, Anda akan melihat opsi “Pembaruan Produk” atau “Product Updates“.
  5. Klik pada opsi tersebut untuk memeriksa “apakah ada pembaruan” yang tersedia untuk Microsoft Excel.
  6. Jika ada pembaruan yang tersedia, “ikuti petunjuk dan instruksi” yang diberikan untuk mengunduh dan menginstal pembaruan tersebut.
  7. Pastikan Anda terhubung ke “internet saat melakukan pembaruan” agar dapat mengunduh pembaruan terbaru dengan lancar.

Dengan memeriksa dan menginstal pembaruan secara rutin, Anda dapat memastikan bahwa Microsoft Excel Anda selalu diperbarui dengan fitur terbaru, perbaikan bug, dan peningkatan kinerja.

4. Lakukan Repair Microsoft Office

Jika update tidak memperbaiki Microsoft Excel, cobalah melakukan perbaikan pada Microsoft Office.

Terdapat dua pilihan, yaitu Quick Repair (tanpa koneksi internet) dan Online Repair (dengan koneksi internet). Disarankan untuk memilih Online Repair agar proses perbaikan lebih optimal.

Berikut adalah langkah-langkah rinci untuk melakukan perbaikan Microsoft Office (termasuk Microsoft Excel):

  1. Klik tombol Start di pojok kiri bawah layar Anda, kemudian pilih ikon Settings (gambar roda gigi).
  2. Dalam menu Settings, pilih opsi “Apps” atau “Aplikasi“.
  3. Di jendela Apps & features, cari dan pilih “program Microsoft Office” dari daftar aplikasi yang terinstal.
  4. Setelah memilih Microsoft Office, klik opsi “Modify” atau “Ubah“.
  5. Anda akan melihat dua opsi perbaikan, yaitu “Quick Repair” (Perbaikan Cepat) yang dapat dilakukan tanpa koneksi internet, dan “Online Repair” (Perbaikan Daring) yang membutuhkan koneksi internet. Pilih salah satu opsi sesuai preferensi Anda.
  6. Jika Anda memiliki koneksi internet yang stabil, disarankan untuk memilih opsi “Online Repair” agar proses perbaikan lebih baik dan maksimal.
  7. Ikuti petunjuk yang diberikan selama proses perbaikan Microsoft Office berlangsung.
  8. Setelah proses perbaikan selesai, restart komputer Anda.
  9. Setelah komputer dinyalakan kembali, coba buka kembali Microsoft Excel dan periksa apakah masalahnya telah teratasi.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat melakukan perbaikan pada Microsoft Office, termasuk Microsoft Excel.

5. Cek System Configuration

Cara Cek Services (System Configuration) Windows untuk Mengatasi Masalah Microsoft Excel Pastikan semua services dalam System Configuration dijalankan dengan baik dan dalam keadaan enable.

Meskipun mengurangi penggunaan services sistem dan program tidak menjadi masalah, namun penting untuk mengetahui mana yang dapat dimatikan dan mana yang tidak boleh

. Aktifkan semua services dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Berikut adalah langkah-langkah rinci untuk melakukan pengecekan services (System Configuration) di Windows dan mengaktifkan semua fungsi Service:

  1. Untuk memulai, klik kanan pada tombol “Start di Windows” yang terletak di pojok kiri bawah layar Anda.
  2. Dalam menu yang muncul, pilih opsi “Run” atau “Jalankan“.
  3. Ketikkan “msconfig” dalam kotak dialog yang muncul, lalu klik tombol “OK“. Tindakan ini akan membuka jendela System Configuration.
  4. Di dalam jendela System Configuration, pilih tab “Services” yang terletak di bagian atas.
  5. Sekarang, pastikan opsi “Enable All” yang terletak di sebelah bawah jendela diberi tanda centang. Ini akan mengaktifkan semua fungsi Service yang ada.
  6. Setelah itu, klik tombol “Apply” untuk menerapkan perubahan yang telah Anda buat.
  7. Terakhir, klik tombol “OK” untuk menutup jendela System Configuration.

Agar perubahan dapat berlaku, Anda perlu merestart komputer Anda.

  1. Klik kanan pada tombol Start, pilih “Shut down” atau “Matikan“, lalu pilih “Restart“.
  2. Setelah komputer Anda selesai restart dan kembali dinyalakan
  3. Buka kembali program Microsoft Excel untuk melanjutkan pekerjaan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat melakukan pengecekan services dan mengaktifkan semua fungsi Service yang diperlukan dalam System Configuration.

Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah tersebut secara hati-hati dan memperhatikan setiap detailnya agar Anda dapat mengatasi masalah yang mungkin terjadi dan menggunakan Microsoft Excel dengan lancar.

6. Instal Ulang Excel

Jika Microsoft Excel masih tidak dapat digunakan dan tidak ada solusi lain, langkah yang dapat dilakukan adalah menghapus dan menginstal ulang program tersebut.

Unduh versi terbaru Microsoft Office yang kompatibel dengan sistem operasi yang Anda gunakan. Untuk menghapus program, ikuti langkah-langkah berikut.

Berikut adalah langkah-langkah rinci untuk menghapus Microsoft Excel dan membersihkan file cache serta registry Windows:

  1. Klik tombol Start di pojok kiri bawah layar Anda, kemudian pilih ikon Settings (gambar roda gigi).
  2. Dalam menu Settings, pilih opsi “Apps” atau “Aplikasi“.
  3. Di jendela Apps & features, cari dan pilih program Microsoft Office dari daftar aplikasi yang terinstal.
  4. Setelah memilih Microsoft Office, klik opsi “Uninstall” atau “Hapus“.
  5. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi proses uninstall. Klik “Uninstall” dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan proses uninstall program.
Baca Juga :  Kenapa M Banking BCA Harus Registrasi Ulang di ATM? Semua yang Perlu Anda Ketahui

Setelah proses uninstall selesai, bersihkan file cache dan registry Windows untuk membersihkan sisa-sisa yang mungkin tertinggal

Anda dapat menggunakan alat pembersihan seperti CCleaner atau mengikuti langkah-langkah manual.

  1. Untuk membersihkan file cache, buka “Disk Cleanup” dengan mencarinya di menu Start, pilih drive sistem Anda, lalu pilih opsi “Clean up system files” dan centang “Temporary files“. Klik “OK” dan “Delete Files” untuk menghapus file cache.
  2. Untuk membersihkan registry Windows, Anda dapat menggunakan alat seperti Registry Editor. Buka Registry Editor dengan mengetik “regedit” dalam kotak pencarian Start, kemudian ikuti langkah-langkah yang tepat untuk membersihkan registry Windows. (Perhatikan: Harap berhati-hati saat melakukan perubahan pada registry, dan pastikan untuk membuat salinan cadangan terlebih dahulu).
  3. Setelah membersihkan file cache dan registry Windows, restart komputer Anda.
  4. Setelah komputer dinyalakan kembali, unduh versi terbaru Microsoft Office yang sesuai dengan sistem operasi Anda dan ikuti instruksi untuk menginstal ulang program tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghapus Microsoft Excel secara menyeluruh dan membersihkan file cache serta registry Windows.

7. Cek Pada Add-ins

Add-ins adalah program tambahan yang digunakan dalam Excel untuk memberikan fitur tambahan. Namun, tidak semua add-ins kompatibel atau diperlukan, dan beberapa add-ins dapat menyebabkan konflik yang menghambat pembukaan Excel.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Cek add-ins yang terpasang dalam Excel. Anda dapat melakukannya dengan membuka Excel, lalu pergi ke menu “File” dan pilih “Options” atau “Opsi“.
  2. Di jendela Options, pilih tab “Add-Ins“.
  3. Anda akan melihat daftar add-ins yang terpasang. Nonaktifkan atau hapus add-ins yang tidak perlu atau tidak kompatibel dengan mengklik tombol “Go” atau “Kelola” yang terletak di sebelah “Manage: [Excel Add-ins]“.
  4. Dalam jendela Add-Ins yang muncul, hilangkan centang pada add-ins yang ingin Anda nonaktifkan, lalu klik “OK” atau “Apply“.
  5. Setelah itu, restart Excel dan periksa apakah masalahnya telah teratasi.

Dengan mengecek dan mengelola add-ins yang terpasang, Anda dapat mengatasi konflik yang mungkin terjadi dan memastikan pembukaan Excel berjalan dengan lancar.

Jadi, jangan ragu untuk menonaktifkan atau menghapus add-ins yang tidak diperlukan atau tidak kompatibel untuk memperbaiki masalah di Microsoft Excel.

8. Jalankan Mode aman

Mode aman merupakan opsi yang memungkinkan Anda untuk membuka program tanpa add-ins dan pengaturan khusus. Hal ini bermanfaat untuk mengidentifikasi apakah masalah yang terjadi terkait dengan add-ins atau pengaturan yang tidak sesuai.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menjalankan Excel dalam mode aman:

  1. Tutup semua jendela Excel yang sedang terbuka.
  2. Buka menu Start di komputer Anda.
  3. Cari program Microsoft Excel dan “tekan tombol Ctrl” saat mengklik ikon Excel. Hal ini akan membuka Excel dalam mode aman.
  4. Jika Excel berhasil dibuka dalam mode aman, artinya kemungkinan besar masalah terletak pada add-ins atau pengaturan yang tidak sesuai.
  5. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba menonaktifkan atau menghapus add-ins yang tidak diperlukan atau tidak kompatibel dengan Excel.
  6. Selain itu, periksa juga pengaturan dan konfigurasi Excel yang mungkin menyebabkan masalah. Anda dapat mengembalikan pengaturan default atau mencoba mengatur ulang preferensi yang mungkin menyebabkan gangguan.

Dengan menjalankan Excel dalam mode aman, Anda dapat melakukan penyaringan masalah dan mengidentifikasi penyebabnya.

9. Dukungan teknis

Jika Anda masih mengalami masalah yang persisten dengan Microsoft Excel, jangan khawatir dan jangan ragu untuk menghubungi dukungan teknis Microsoft. Mereka adalah ahli yang siap membantu Anda dalam menyelesaikan masalah yang Anda hadapi.

Dukungan teknis Microsoft dapat memberikan panduan yang lebih rinci dan bantuan yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah Excel Anda.

Anda dapat menghubungi dukungan teknis Microsoft melalui berbagai cara, seperti melalui situs web resmi Microsoft atau melalui layanan dukungan telepon yang tersedia.

Pastikan untuk menjelaskan masalah yang Anda alami dengan jelas dan memberikan informasi yang relevan, seperti versi Microsoft Excel yang Anda gunakan, sistem operasi yang digunakan, dan deskripsi lengkap tentang masalah yang terjadi.

10. Gunakan Alternatif Spreadsheet

Jika ingin menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat dan tanpa masalah, cobalah menggunakan alternatif program spreadsheet seperti Google Sheets, WPS Office, Prezi, LibreOffice, dan lainnya.

Salah satu pilihan yang populer adalah Google Sheets. Untuk menggunakan Google Sheets, pastikan komputer atau laptop Anda terhubung ke internet

Anda dapat mengaksesnya melalui Google Drive atau kunjungi situs web google.com/sheets/about/.

Jangan lupa untuk login menggunakan akun Google yang Anda miliki. Dengan memanfaatkan alternatif program spreadsheet ini, Anda dapat terus bekerja dan menyelesaikan tugas dengan lancar tanpa kendala.

Pilihlah program yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan nikmati kemudahan serta kepraktisannya dalam mengolah data dan informasi. Jadi, jika Anda ingin menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efisien, jangan ragu untuk mencoba alternatif program spreadsheet ini.

Akhir Kata

Dengan mencoba langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda memiliki peluang yang lebih baik untuk mengatasi masalah dan membuka Microsoft Excel tanpa error.

Jika Anda mengalami kesulitan atau masih menghadapi masalah yang tidak dapat diselesaikan, jangan khawatir!

Anda dapat mencari bantuan dari forum pengguna Excel, situs dukungan Microsoft, Masuk ke grup sosial media, atau bahkan berkonsultasi dengan teknisi komputer yang berpengalaman.

Ingatlah bahwa setiap masalah memiliki solusinya sendiri. Jadi, tetaplah tenang dan pantang menyerah.

Dengan ketekunan dan kemauan untuk mencari solusi, Anda akan dapat mengatasi masalah dan menggunakan Microsoft Excel dengan lancar.

Bagikan Artikel ini :