Panduan Lengkap Mengisi Pakta Integritas PPDB 2023 yang Wajib Diketahui

Selamat datang di panduan lengkap mengisi Pakta Integritas PPDB 2023! Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan momen yang penting bagi calon siswa dan orang tua di seluruh Indonesia.

Di era digital ini, proses pendaftaran telah semakin mudah dengan penggunaan platform online. Salah satu tahap yang tidak boleh dilewatkan adalah mengisi Pakta Integritas PPDB.

Apa itu Pakta Integritas PPDB? Pakta Integritas PPDB adalah komitmen tertulis yang harus diisi oleh calon siswa dan orang tua sebagai bentuk keseriusan dalam mengikuti proses pendaftaran.

Dokumen ini melibatkan pengakuan bahwa semua informasi yang diberikan adalah benar dan akurat. Selain itu, melalui Pakta Integritas, calon siswa dan orang tua juga berjanji untuk menghormati aturan dan prosedur yang berlaku dalam PPDB.

Mengisi Pakta Integritas PPDB dapat dilakukan dengan langkah-langkah sederhana. Namun sebelum lanjut yuk simak pembahasan Bmaster23.com berikut ini.

Mengenal PPDB 2023

Dalam Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jateng, terdapat kesempatan bagi calon siswa untuk mengajukan akun dari tanggal 15 hingga 23 Juni 2023 melalui situs resmi PPDB Jateng.

Dalam setiap tahunnya, terdapat pembaruan yang perlu diikuti oleh para pendaftar agar berhasil lolos dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Untuk tahun ini, penting bagi siswa untuk mendaftar melalui situs resmi PPDB kota tempat tinggal.

Melalui situs ini, akan diminta untuk mengisi berbagai dokumen pendukung pendaftaran yang sangat penting agar proses pendaftaran dapat berjalan lancar dan memiliki kesempatan menjadi salah satu peserta didik baru.

Salah satu dokumen yang wajib di sertakan adalah pakta integritas. Pakta integritas ini berperan sebagai surat pernyataan yang menegaskan kebenaran data yang di isi dalam dokumen persyaratan PPDB 2023.

Baca Juga :  Apa itu Localization Quality Assurance (LQA) ? Penjelasan untuk Pelaku Bisnis

Partisipasi dalam PPDB sangat penting dan dapat memberikan manfaat besar bagi masa depan pendidikan. Dengan mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan, memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima sebagai peserta didik baru di sekolah yang diinginkan.

Bagi para calon peserta didik, jangan lupa untuk terus memantau situs resmi PPDB kota dan memperhatikan setiap pembaruan terkait proses pendaftaran. Perhatikan juga batas waktu pendaftaran agar tidak kelewatan kesempatan yang berharga ini.

Dengan memahami dan mengikuti prosedur pendaftaran PPDB dengan baik, para siswa dapat menunjukkan komitmen dan dedikasi dalam menggapai pendidikan yang lebih baik.

Cara Mengisi Pakta Integritas PPDB

Bagi yang belum familiar dengan pakta integritas, mungkin merasa bingung tentang cara mengisinya. Dalam PPDB 2023, terdapat dua hal yang perlu diisi dalam pakta integritas yang melibatkan orangtua/wali:

  1. Kebenaran isi dokumen: Mengisi dengan jujur dan akurat sesuai dengan data yang diminta.
  2. Sanksi jika melanggar pakta integritas: Mengetahui konsekuensi yang akan diterima jika terbukti melanggar isi pakta integritas.

Selain itu, pakta integritas juga perlu ditandatangani oleh calon peserta didik dan orangtua/wali. Untuk keabsahan hukum, biasanya dilampirkan materai 10 ribu.

Bagi yang akan membuat pakta integritas, bisa melakukannya dengan cara menulis tangan atau menggunakan format yang panitia sudah sediakan.

Untuk mendapatkan format pakta integritas, dapat mengikuti langkah-langkah berikut di laman resmi PPDB Jateng:

  1. Pertama, masuk ke laman resmi PPDB atau salin link berikut ini: https://ppdb.jatengprov.go.id./#/
  2. Setelah itu, scroll ke bawah halaman hingga menemukan bagian yang bertuliskan ‘Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen‘. Klik pada bagian tersebut.
  3. Dalam bagian tersebut, akan disediakan format surat pernyataan yang dapat di unduh. Format ini dapat di isi dengan menggunakan metode pengetikan atau menulis tangan.
Baca Juga :  Makna Remini 10 Lapis dan Tips Menggunakan Filter di Remini

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, calon siswa akan dapat mengakses format pakta integritas yang dibutuhkan untuk proses PPDB Jateng.

Akhir Kata

Mengisi Pakta Integritas PPDB 2023 adalah langkah penting dalam proses pendaftaran yang tidak boleh dilewatkan.

Dengan mengikuti panduan lengkap ini, calon siswa telah memperoleh pemahaman yang jelas tentang pentingnya komitmen dan kejujuran dalam pendaftaran PPDB.

Jika ingin melanjutkan pendidikan di lembaga pendidikan yang diinginkan, pastikan untuk mengisi semua informasi dengan teliti dan jujur.

Baca dengan seksama setiap pertanyaan dan instruksi dalam formulir Pakta Integritas, dan pastikan untuk menghubungi panitia PPDB jika ada pertanyaan atau kebutuhan penjelasan lebih lanjut.

Semoga panduan lengkap ini memberikan informasi yang bermanfaat dan membantu dalam mengisi Pakta Integritas PPDB 2023.

Sukses dalam proses pendaftaran, dan semoga dapat meraih pendidikan berkualitas di lembaga pendidikan yang di impikan.

Bagikan Artikel ini :