Menu Points Kahoot: Panduan Lengkap dan Cara Menggunakannya

Bmaster23.com – Dalam proses pembuatan soal di platform Kahoot, terdapat fitur penting yang tak boleh diabaikan yaitu Menu Points Kahoot. Fitur ini berperan krusial dalam memastikan kebenaran jawaban serta pemberian nilai yang tepat.

Dengan adanya Menu Points, para pengajar atau pembuat soal dapat lebih meyakinkan bahwa nilai yang diberikan kepada siswa sesuai, Menariknya, kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan fitur ini benar-benar memanjakan para pengguna Kahoot!

Bagi para pembuat soal, kehadiran Menu Points menjadi sangat memudahkan. Kenapa? Sebab, dengan fitur ini, semua jawaban peserta akan terhitung secara otomatis. Sebelumnya, dalam model penilaian konvensional, seorang pengajar harus menghabiskan waktu dan tenaga untuk mengoreksi satu per satu lembar jawaban.

Tapi dengan adanya fitur canggih ini, proses itu bukanlah beban lagi. Cukup dengan beberapa klik, hasil penilaian dapat langsung diketahui, dan itu berarti lebih banyak waktu yang bisa digunakan untuk kegiatan lain yang tak kalah penting.

Nah, apabila Anda ingin menggunakan kahot wajib hukumnya untuk menyimak pembahasan Menu Points Kahoot hingga selesai.

Sekilas Tentang Menu Points Kahoot

Kahoot telah menjadi sorotan bagi para pengajar dan pengguna edukasi lainnya karena platform ini menawarkan kemudahan dalam membuat kuis interaktif. Dengan berbagai fitur yang user-friendly, Kahoot menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan.

Namun, untuk benar-benar mengoptimalkan kuis Anda, penting untuk benar-benar memahami setiap fitur yang ada, termasuk salah satunya yang tak boleh terlewatkan yakni Menu Points.

Sebagai seorang pengajar atau kreator kuis, Anda mungkin sudah familiar dengan Menu Points. Namun, tidak ada salahnya untuk mengingat betapa pentingnya fitur ini. Bagaimana cara kerjanya? Nah, di sinilah letak kecerdikan dari Menu Points.

Fitur ini mengatur poin yang akan diberikan kepada peserta kuis ketika mereka menjawab dengan benar. Artinya, Anda dapat menentukan besaran poin yang pantas diberikan sebagai penghargaan atas jawaban yang tepat.

Bukan rahasia lagi bahwa fitur Menu Points ini adalah jantung dari proses penilaian di Kahoot. Dengan mengalokasikan poin dengan bijaksana, Anda bisa memberikan insentif bagi peserta kuis untuk berusaha lebih baik.

Baca Juga :  Soal dan Kunci Jawaban PembaTIK Level 1 Tahun 2023

Mereka akan merasa lebih termotivasi untuk berpartisipasi dengan sungguh-sungguh dan berusaha mencapai skor maksimal. Dan tentu saja, semangat kompetisi yang sehat akan semakin terjaga.

Baca juga : Kuis Kahoot Dapat Dibagikan Melalui

Pilihan Pada Menu Points Kahoot 

Berikut adalah beberapa pilihan pada Menu Points yang bisa Anda pilih:

  1. Question Type: Setelah Anda mengklik ‘add question‘, Anda akan menemukan pilihan ini di bagian pengaturan sebelah kanan. Dalam Question Type, Anda bisa memilih tipe pertanyaan yang sesuai dengan kebutuhan kuis Anda , seperti pilihan ganda, benar/salah, atau urutan.
  2. Time Limit: Fitur ini memungkinkan Anda untuk menetapkan batas waktu bagi peserta untuk menjawab setiap pertanyaan. Dengan memberikan batasan waktu, kuis akan menjadi lebih dinamis dan meningkatkan semangat kompetisi.
  3. Points: Salah satu pilihan paling penting dalam Menu Points adalah ‘Points‘. Di sini, Anda dapat menentukan jumlah poin yang akan diberikan kepada peserta ketika mereka menjawab dengan benar. Alokasikan poin dengan bijaksana untuk memotivasi peserta berusaha lebih baik.
  4. Answer Question: Pilihan ini memungkinkan Anda untuk menambahkan jawaban yang benar untuk setiap pertanyaan. Pastikan Anda memberikan jawaban yang tepat dan sesuai dengan opsi yang Anda sajikan dalam pertanyaan.

Dengan memahami dan memaksimalkan pengaturan pada Menu Points ini, Anda dapat menciptakan kuis yang lebih menarik, adil, dan interaktif. Sesuaikan poin, batas waktu, dan tipe pertanyaan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Cara Daftar dan Membuat Kuis Menggunakan Platform Kahoot

Membuat kuis menggunakan platform Kahoot adalah suatu proses yang menarik dan menyenangkan, memungkinkan Anda untuk menciptakan pengalaman belajar interaktif yang menarik bagi peserta.

Namun sebelumnya yuk mari kita simak cara daftar Kahoot dan cara membuat kuis Kahoot.

Panduan Cara Daftar di Kahoot

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Kahoot secara bebas dari plagiarisme:

  1. Buka browser dan ketikkan kata kunci “kahoot.com” di bilah pencarian.
  2. Setelah situs Kahoot terbuka, perhatikan pojok kanan atas dan temukan tombol “login” jika Anda sudah memiliki akun sebelumnya. Jika Anda belum memiliki akun dan ingin
  3. mendaftar, klik tombol “sign up“.
  4. Pilih jenis akun yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti “teacher“, “student“, “personal“, atau “professional“.
  5. Isi tanggal lahir Anda sesuai dengan informasi yang benar.
  6. Buatlah username yang unik untuk akun Anda.
  7. Selanjutnya, masukkan alamat email yang valid dan tentukan password yang kuat untuk keamanan akun.
  8. Setelah itu, Anda mungkin akan melihat tampilan pembayaran. Untuk mendapatkan akses gratis dari Kahoot, pilih opsi “continue for free“.
  9. Terakhir, lengkapi proses pendaftaran sesuai petunjuk yang diberikan.
  10. Selesai.
Baca Juga :  Link Video Nabila Viral Tiktok, Cek Videonya Sekarang ?

Dengan mengikuti cara di atas, Anda sudah selesai melakukan pendaftaran dan dapat memiliki akunnya.

Panduan Cara Membuat kuis di Kahoot

Berikut adalah cara untuk membuat kuis di Kahoot:

  1. Pada halaman utama, cari dan klik tombol “create a kahoot“.
  2. Pilih opsi “setting” untuk melakukan pengaturan pada data kuis, seperti nama kuis, deskripsi, gambar cover, dan bahasa yang digunakan.
  3. Di sisi kanan, pilihlah tema kuis yang menarik; ada banyak tema gratis yang dapat Anda pilih.
  4. Klik tombol “add question” untuk menambahkan pertanyaan. Di bagian sisi kanan, Anda bisa mengatur berbagai hal terkait pertanyaan, seperti “question type“, “time limit“,”points“, dan “answer question“.
  5. Selanjutnya, ketik pertanyaan Anda dan tambahkan foto atau video dengan mengklik tanda tambah yang terletak di tengah area pengetikan.
  6. Tulis jawaban pada empat kolom yang tersedia. Jika Anda membutuhkan lebih banyak kolom, Anda dapat menambahkannya dengan mengklik “add more answer“.
  7. Sebelum menyimpan, klik “preview” untuk melihat tampilan kuis Anda secara keseluruhan. Pastikan semuanya terlihat sesuai dengan harapan Anda.
  8. Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan kuis tersebut dengan mengklik tombol “save“.
  9. Selesai

Dengan mengikuti cara di atas, Anda sudah dapat membuat kuis di Kahoot. Sangat mudah bukan.

Akhir Kata

Menu Points Kahoot merupakan fitur yang sangat membantu bagi pembuat soal dalam memastikan jawaban yang benar dan memberikan nilai secara otomatis. Dengan adanya fitur ini, proses penilaian menjadi lebih efisien dan akurat.

Terima kasih telah menyimak artikel ini. Kami berharap informasi yang telah disajikan dapat bermanfaat bagi Anda dalam mengoptimalkan penggunaan Kahoot sebagai alat pembelajaran. Sampai jumpa lagi di pembahasan menarik berikutnya!

Tetaplah selalu bersemangat!

Bagikan Artikel ini :