7 Aplikasi Gambar Teknik Android: Alternatif Praktis Autocad

Bmaster23.com Dalam dunia teknik, khususnya teknik sipil, arsitektur, dan mesin, kita sering kali membutuhkan alat yang kuat untuk membuat dan menganalisis desain. Salah satu alat yang sudah tidak asing bagi para insinyur adalah Computer Added Design (CAD).

Namun, terkadang penggunaan CAD pada laptop atau PC bisa menjadi kurang praktis. Nah, di sinilah aplikasi gambar teknik Android masuk sebagai alternatif yang lebih mudah dan fleksibel.

Aplikasi gambar teknik Android adalah solusi modern yang memungkinkan para insinyur dan desainer untuk membuat, memodifikasi, dan menganalisis desain secara efisien langsung dari perangkat Android mereka.

Hal ini adalah alternatif yang sangat berguna terutama ketika Anda ingin tetap produktif saat tidak berada di depan komputer. Meskipun tidak sehebat Autocad, aplikasi-aplikasi ini tetap memberikan kemampuan untuk menghasilkan gambar teknik yang berkualitas.

Keuntungan CAD pada Android

Menggunakan aplikasi gambar teknik Android memiliki sejumlah keuntungan tersendiri:

1. Fleksibilitas

Anda tidak perlu lagi terpaku pada meja kerja Anda. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat dan mengedit desain di mana saja, kapan saja, hanya dengan perangkat Android Anda.

2. Kemudahan Penggunaan

Aplikasi gambar teknik Android umumnya didesain dengan antarmuka yang lebih ramah pengguna. Anda tidak perlu menjadi ahli teknologi untuk mulai menggunakan aplikasi ini.

3. Mobilitas

Tidak perlu lagi mengandalkan laptop atau PC berkekuatan tinggi. Aplikasi ini berjalan lancar di perangkat Android, yang lebih ringan dan mudah dibawa.

4. Dukungan 2D dan 3D

Anda dapat dengan mudah membuat desain baik dalam format 2D maupun 3D, memberikan Anda fleksibilitas dalam mewujudkan ide-ide kreatif Anda.

Baca juga : Aplikasi Jam Terbaik untuk Flash Sale

Daftar Aplikasi Gambar Teknik Android Terbaik

Berikut adalah beberapa aplikasi gambar teknik Android terbaik yang kami pilih untuk Anda:

1. DWG FastView-CAD Viewer & Editor

DWG FastView adalah aplikasi lain yang patut dipertimbangkan untuk para profesional teknik. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai alat canggih yang memudahkan dalam membuat dan mengedit gambar CAD.

Baca Juga :  Terbaru! Cheat Aku Si Pengadu Ayam dan Cara Downloadnya

Kelebihan utama DWG FastView adalah fitur “Precise Drawing” yang memungkinkan modifikasi koordinat dan parameter objek dengan akurat. Antarmuka pengguna yang intuitif memudahkan Anda dalam memperbesar atau memperkecil proyek dengan mudah.

Selain itu, kompatibilitas dengan berbagai format file serta kemampuan untuk mengakses proyek melalui layanan cloud membuat aplikasi ini menjadi solusi yang terintegrasi dengan baik.

2. AutoCAD – DWG Viewer & Editor

AutoCAD - DWG Viewer & Editor
AutoCAD - DWG Viewer & Editor

AutoCAD adalah aplikasi gambar teknik yang telah hadir sejak tahun 1982 dan menjadi salah satu yang paling populer di dunia.

Dengan AutoCAD, Anda dapat melihat dan mengedit berkas DWG dan DWF dengan mudah.

Aplikasi ini memberikan kualitas terbaik serta fungsionalitas yang sederhana dan nyaman digunakan.

Selain itu, fitur editing yang lengkap memungkinkan Anda untuk melakukan modifikasi pada berkas gambar sesuai kebutuhan. Keunggulan lainnya adalah kemampuan bekerja dalam mode offline, memastikan Anda tetap produktif tanpa harus terhubung ke internet.

3. CADMATE

Autodesk Construction Cloud
Autodesk Construction Cloud

CADMATE adalah salah satu aplikasi gambar teknik yang mendapatkan peringkat tinggi di Google Play.

Aplikasi ini menawarkan berbagai alat untuk memudahkan pembuatan gambar, termasuk tindakan seperti memutar, memindahkan, mengubah skala, dan mengedit objek.

Fitur “Precise Drawing” dalam CADMATE memastikan hasil yang akurat dan konsisten. Selain itu, aplikasi ini memiliki kompatibilitas yang baik dengan berbagai format file seperti DWG, DXF, dan PDF.

Dengan dukungan untuk berbagai layanan cloud, Anda dapat mengakses dan berbagi proyek dengan mudah.

4. AutoQ3D CAD

AutoQ3D CAD
AutoQ3D CAD
Developer: AutoQ3D Team
Price: 20,99 €

AutoQ3D CAD adalah pilihan ideal untuk mereka yang ingin membuat model 2D dan 3D menggunakan perangkat Android.

Aplikasi ini memberikan lingkungan yang nyaman dan berbagai alat menggambar dan editing untuk membantu Anda dalam merancang sketsa desain.

Walau memiliki beberapa batasan pada versi gratisnya, AutoQ3D tetap memberikan solusi efisien untuk para profesional teknik dan desain.

Baca Juga :  Ngidol 48 Apk Link Download Terbaru Android & iOS 2023

Kelebihannya terletak pada antarmuka yang intuitif serta kemampuan untuk mengakses berbagai alat dengan mudah.

5. ARES Touch: DWG CAD Viewer & Editor

ARES Touch: DWG Viewer & CAD
ARES Touch: DWG Viewer & CAD

ARES Touch adalah aplikasi gambar teknik yang tersedia untuk Android dan iOS.

Aplikasi ini memberikan berbagai fitur untuk membaca, membuat, mengedit, dan memberi keterangan pada gambar dalam format DWG.

Keunggulan ARES Touch adalah kemampuannya untuk memberikan akses ke lebih dari 150 fitur dengan langganan, serta integrasi dengan layanan cloud seperti Google Drive dan Dropbox.

Versi gratis juga menawarkan beberapa fitur yang berguna bagi para profesional teknik dan desain.

6. GnaCAD

GnaCAD
GnaCAD
Developer: GnaCAD Developers
Price: Free

GnaCAD adalah aplikasi gambar teknik Android yang dapat diandalkan untuk mengedit berkas DWG.

Aplikasi ini menawarkan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, serta kemampuan untuk melihat gambar 2D dan 3D.

Keunggulan GnaCAD adalah kemampuannya untuk bekerja dalam mode offline, sehingga Anda tetap dapat menggunakannya meskipun tanpa koneksi internet.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menyinkronkan gambar dengan layanan Google Drive.

7. eDrawings

eDrawings
eDrawings
Developer: SolidWorks
Price: Rp 24.163,00

eDrawings adalah aplikasi yang sangat bermanfaat bagi mereka yang bekerja dengan gambar teknik dan desain.

Aplikasi ini memberikan antarmuka pengguna yang ramah serta kemampuan untuk membuka gambar 2D dan 3D dengan mudah.

Fitur animasi dalam eDrawings memungkinkan Anda mengubah model 2D dan 3D menjadi animasi untuk memahami proyek dengan lebih baik.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda berbagi proyek dengan kolega atau mitra, serta memiliki fitur dasar yang dapat digunakan.

Namun untuk sekarang aplikasi ini tidak tersedia untuk mode gratisnya alias berbayar dengan harga 24 ribu, tetapi sebanding dengan fitur yang ditawarkan pastinya.

Baca Juga : Aplikasi AI Korea Viral 

Akhir Kata

Dengan aplikasi gambar teknik Android, Anda memiliki alternatif yang bagus untuk Autocad yang biasanya digunakan di laptop atau PC.

Meskipun mungkin tidak sehebat Autocad, aplikasi ini tetap membantu Anda dalam membuat gambar teknik dengan lebih fleksibel.

Anda dapat mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut dari Play Store atau App Store dan mulai menggali kreativitas Anda dalam desain teknik.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di pembahsan menarik yang lain.

Bagikan Artikel ini :