Simak! Cara Gestun Tokopedia Card untuk Tarik Tunai dan Penjelasannya

Cara Gestun Tokopedia Card Ada Kabar menarik yang patut Anda tahu adalah bahwa Tokopedia Card ternyata memiliki manfaat yang lebih luas daripada yang mungkin kita kira.

Selain dapat digunakan untuk berbelanja secara online maupun offline, kartu ini juga memiliki kemampuan untuk melakukan tarik tunai melalui mesin ATM.

Dengan begitu, pengguna Tokopedia Card tidak hanya dapat merasakan kemudahan berbelanja dengan kartu ini, tetapi juga memiliki fleksibilitas dalam mengakses uang tunai secara praktis melalui jaringan ATM yang luas.

Jadi, ini adalah kabar baik bagi mereka yang ingin mengoptimalkan penggunaan Tokopedia Card mereka dalam berbagai situasi keuangan. Jika Anda pengguna Tokopedia ingin tau cara Gestun Tokopedia Card yuk simak terus pembahasan Bmaster23.com berikut ini.

Sekilas Tentang Gestun Tokopedia Card

Istilah “Gestun” sebenarnya merupakan singkatan dari “gebyar elektronik suntik tunai,” yang mewakili suatu praktik keuangan dimana seseorang memanfaatkan kartu kredit sebagai jaminan untuk melakukan pinjaman uang tunai.

Dengan kata lain, dalam praktik gestun, pemegang kartu kredit memanfaatkan kartunya untuk melakukan penarikan tunai dari mesin ATM dengan harapan bahwa jumlah tersebut nantinya akan dibayarkan kembali.

Sementara itu, Tokopedia Card memiliki karakteristik yang berbeda. Ini adalah bentuk kartu digital yang diterbitkan oleh Tokopedia, sebuah platform e-commerce terkemuka di Indonesia.

Tujuan utama Tokopedia Card adalah untuk mempermudah pengguna Tokopedia dalam berbelanja secara online, dengan berbagai kemudahan dan manfaat yang ditawarkan. Kartu ini memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi belanja di platform Tokopedia dengan lebih praktis.

Namun, apa yang membuat kabar menarik adalah bahwa sekarang Tokopedia Card juga memiliki fitur untuk melakukan penarikan tunai melalui mesin ATM. Ini berarti, selain digunakan untuk berbelanja di Tokopedia, kartu ini juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang tunai secara langsung.

2 Persiapan Sebelum melakukan Gestun

Sebelum Anda memutuskan untuk memulai proses gestun menggunakan Tokopedia Card, sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa hal berikut:

1. Periksa Limit Kartu Tokopedia Card

Pastikan bahwa limit yang tersedia di kartu Tokopedia Cardmu mencukupi untuk melakukan gestun.

Biasanya, dalam praktik gestun, Anda dapat menarik sekitar 50-60% dari total limit kartu kredit yang Anda miliki.

Oleh karena itu, pastikan bahwa jumlah limit yang tersedia pada kartu ini memadai untuk memenuhi kebutuhan penarikan tunai yang Anda inginkan.

2. Pilih ATM yang Tepat

Saat memutuskan untuk melakukan gestun, pastikan bahwa ATM yang Anda kunjungi merupakan ATM yang sesuai dengan jenis kartu kredit Tokopedia Card.

Lebih baik lagi jika ATM tersebut terdaftar sebagai penyedia layanan VISA atau Mastercard, karena ini akan memastikan kompatibilitas kartu dan meminimalkan risiko gangguan dalam proses penarikan tunai.

Baca Juga :  Spesifikasi Xiaomi Redmi 4 dan Harga Terbaru

Dengan memerhatikan kedua hal di atas, Anda akan dapat mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan gestun menggunakan Tokopedia Card. Pastikan bahwa limit kartu mencukupi dan ATM yang Anda pilih sesuai dengan jenis kartu, sehingga proses gestun dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.

Cara Gestun Tokopedia Card untuk Tarik Tunai

Cara Gestun Tokopedia Card untuk Tarik Tunai

Tentu, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk melakukan gestun menggunakan Tokopedia Card dan mendapatkan tarikan tunai:

  1. Menuju ATM BRI: Pergilah ke mesin ATM. Pastikan Anda memilih mesin ATM BRI untuk memastikan kelancaran gestun dan kesesuaian dengan jenis kartu Tokopedia Card Anda.
  2. Masukkan Kartu: Setibanya di mesin ATM, masukkan kartu Tokopedia Card ke dalam slot ATM Card, seperti saat menggunakan kartu ATM biasa. Pastikan kartu dimasukkan dengan benar sesuai arahan pada mesin.
  3. Isi PIN: Pilih bahasa Indonesia di layar ATM. Kemudian, masukkan PIN Tokopedia Card Anda dengan hati-hati. Jaga kerahasiaan PIN Anda dan jangan berbagi dengan orang lain.
  4. Tentukan Nominal Uang: Setelah PIN berhasil dimasukkan, layar ATM akan menampilkan beberapa pilihan. Pilih opsi “Tarik Tunai” atau sejenisnya untuk penarikan uang tunai dengan kartu kredit. Kemudian, tentukan jumlah uang yang ingin Anda tarik sesuai dengan batasan limit kartu.
  5. Selesai: Setelah memilih jumlah uang, tunggu sebentar hingga transaksi selesai diproses. ATM akan memproses permintaan Anda, dan setelah selesai, mesin akan mengeluarkan uang tunai sesuai jumlah yang Anda pilih. Pastikan untuk mengambil uang dengan hati-hati.

Dengan mengikuti cara di atas, Anda akan dapat dengan mudah melakukan gestun menggunakan Tokopedia Card dan mendapatkan tarikan tunai sesuai kebutuhan. Ingatlah untuk selalu menjaga kerahasiaan PIN dan informasi kartu Anda serta melakukan transaksi dengan hati-hati demi keamanan finansial.

Efek dan Biaya Penarikan Tunai Tokopedia Card

Sangat penting untuk memahami dampak dan biaya yang terkait dengan penggunaan fitur tarik tunai pada Tokopedia Card. Di bawah ini, Bintang akan menjelaskan beberapa hal yang perlu di hindari dalam penggunaan kartu kredit :

Efek yang mungkin Bisa Terjadi

  1. Bunga yang Tinggi: Salah satu dampak buruk utama dari melakukan tarik tunai adalah bunga yang tinggi yang biasanya dikenakan oleh penyedia kartu kredit. Bunga ini bisa jauh lebih tinggi daripada bunga untuk pembelian barang atau jasa. Oleh karena itu, jika Anda tidak membayar saldo yang ditarik tunai dengan cepat, Anda bisa terjebak dalam utang yang semakin besar.
  2. Kebiasaan Buruk: Penggunaan fitur tarik tunai secara berulang-ulang dapat menjadi kebiasaan buruk yang sulit diatasi. Kebiasaan ini dapat merugikan keuangan pribadi dalam jangka panjang karena Anda mungkin akan terus memanfaatkan kartu kredit sebagai sumber uang tunai darurat.
  3. Pengeluaran yang Tidak Terencana: Dengan kemampuan untuk mendapatkan uang tunai, Anda mungkin tergoda untuk melakukan pembelian yang tidak terencana atau impulsif. Ini bisa menyebabkan peningkatan pengeluaran dan ketidakseimbangan dalam anggaran pribadi.

Biaya untuk Tarik Tunai

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan tarik tunai melalui Tokopedia Card, perlu diingat bahwa ada biaya administrasi yang terkait dengan layanan ini. Biaya ini adalah sebagai berikut:

  • Biaya administrasi: 4% dari jumlah yang ditarik atau minimal Rp60.000, mana yang lebih tinggi.
Baca Juga :  Data Tidak Sesuai BCA 213, Jangan Panik! ini Solusinya

Oleh karena itu, sebelum Anda melakukan gestun dengan Tokopedia Card, sangat penting untuk mempertimbangkan biaya ini dalam perhitungan. Pastikan bahwa manfaat dari penarikan tunai ini melebihi biaya yang harus Anda bayarkan.

Penting untuk menggunakan fitur tarik tunai dengan bijak dan hanya dalam situasi darurat yang memang memerlukan uang tunai segera. Hindari kebiasaan buruk dan pastikan bahwa Anda dapat membayar saldo yang ditarik tunai dengan cepat untuk menghindari dampak finansial yang merugikan.

Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Baik

berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan kartu kredit dengan baik:

  1. Buat Anggaran: Sebelum menggunakan kartu kredit, buatlah anggaran yang jelas untuk pengeluaran bulanan. Tentukan batas atas penggunaan kartu kredit sesuai dengan kemampuan finansial.
  2. Bayar Tepat Waktu: Selalu bayar tagihan kartu kredit tepat waktu untuk menghindari denda keterlambatan dan bunga yang tinggi. Atur pengingat atau otomatisasi pembayaran agar tidak melewatkan jatuh tempo pembayaran.
  3. Bayar Seluruh Saldo: Usahakan untuk selalu membayar seluruh saldo tagihan kartu kredit setiap bulan. Ini akan membantu menghindari bunga yang tinggi dan utang yang terus bertambah.
  4. Pahami Fitur Kartu: Kenali fitur dan manfaat dari kartu kredit, seperti cashback, diskon, atau program reward. Manfaatkan fitur-fitur ini dengan bijak untuk mengoptimalkan penggunaan kartu.
  5. Jangan Melebihi Batas Limit: Hindari melebihi batas limit kartu kredit. Penarikan tunai atau transaksi di atas batas limit dapat mengakibatkan biaya tambahan dan dampak negatif pada skor kredit.
  6. Periksa Tagihan Bulanan: Selalu periksa tagihan bulanan kartu kredit. Pastikan tidak ada transaksi yang mencurigakan atau tidak dikenali. Laporkan jika ada kesalahan atau aktivitas yang mencurigakan.
  7. Gunakan untuk Kebutuhan Esensial: Gunakan kartu kredit untuk kebutuhan esensial dan penting, seperti pembayaran tagihan rutin atau pembelian yang telah direncanakan.
  8. Hindari Tarik Tunai Rutin: Hindari kebiasaan melakukan tarik tunai rutin dengan kartu kredit. Biaya dan bunga yang tinggi dapat memberatkan kondisi keuangan.
  9. Prioritaskan Utang Kartu Kredit: Jika memiliki lebih dari satu kartu kredit, prioritaskan untuk membayar utang kartu kredit dengan bunga tertinggi terlebih dahulu.
  10. Jaga Skor Kredit: Penggunaan kartu kredit yang bijak dapat mempengaruhi skor kredit. Pastikan untuk membayar tagihan tepat waktu dan mengelola utang dengan baik.
  11. Jangan Bagikan Informasi: Jangan pernah memberikan informasi kartu kredit kepada orang lain atau melalui saluran komunikasi yang tidak aman.
  12. Bandingkan Penawaran: Sebelum mendaftar atau menggunakan kartu kredit baru, bandingkan berbagai penawaran dan biaya yang terkait untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda akan dapat menggunakan kartu kredit dengan bijak, menghindari masalah keuangan, dan memaksimalkan manfaat yang dapat Anda peroleh dari kartu tersebut.

Akhir Kata

Dengan adanya kemampuan tarik tunai melalui Tokopedia Card, Anda memiliki alternatif untuk mendapatkan uang tunai dengan lebih mudah.

Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan gestun juga memiliki dampak dan biaya yang perlu dipertimbangkan.

Gunakanlah dengan bijak dan ikuti tips-tips penting dalam menggunakan kartu kredit agar keuangan tetap terjaga.

Demikianlah pembahasan mengenai cara Gestun Tokopedia Card semoga memberikan jawaban untuk para pengguna. Terimakasih dan sampai jumpa lagi.

Bagikan Artikel ini :