4 Cara Mengatasi HP Vivo Bootloop Stuck di Logo dan Tips Pencegahannya

Bmaster23.com Pernahkah Anda mengalami masalah HP Vivo Anda yang terjebak di logo atau mengalami bootloop? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Masalah semacam ini tidak hanya terjadi pada HP Vivo, tetapi juga pada sejumlah merek HP lainnya.

Namun, bagi sebagian orang, mengatasi masalah ini bisa menjadi sesuatu yang rumit dan membingungkan. Jangan putus asa! Bintang di sini akan membantu cara mengatasi HP Vivo Bootloop yang bisa Anda ikuti dan mengatasi masalah layar Vivo hang on logo, atau yang sering dikenal sebagai HP Vivo mentok di Logo.

Cara ini berlaku untuk beberapa model HP Vivo, termasuk Vivo Y15, Vivo Y53, Vivo Y35, Vivo Y91, Vivo Y21, dan model-model HP Vivo lainnya yang mengalami masalah serupa. Intinya jangan terlalu kawatir jika mengalami masalah HP Bootlop lebih baik mencari solusinya.

Mengatasi masalah HP Vivo Bootloop bukanlah hal yang rumit, meskipun terlihat menakutkan. Yaudah tanpa berlama-lama lagi yuk simak terus pembahasan Bmaster23.com berikut ini.

Faktor Penyebab HP Vivo Bootloop dan HP Vivo Stuck di Logo

HP Vivo yang mengalami bootloop adalah masalah yang cukup umum dijumpai. Bootloop terjadi ketika HP Vivo berulang kali restart atau stuck di logo Vivo tanpa bisa masuk ke sistem operasi. Beberapa faktor penyebab umum dari masalah bootloop pada HP Vivo antara lain:

  1. Kerusakan Firmware: Salah satu penyebab utama bootloop adalah kerusakan pada firmware atau sistem operasi yang terinstal di HP. Hal ini bisa terjadi akibat pembaruan sistem yang tidak berhasil, instalasi aplikasi yang tidak kompatibel, atau gangguan saat proses flashing firmware.
  2. Aplikasi Bermasalah: Penggunaan aplikasi yang tidak stabil atau bermasalah bisa menyebabkan sistem operasi menjadi tidak responsif dan akhirnya memicu bootloop pada HP Vivo. Terutama aplikasi pihak ketiga yang tidak kompatibel atau mengandung bug dapat mengganggu kinerja sistem secara keseluruhan.
  3. Kerusakan Hardware: Beberapa kasus bootloop pada HP Vivo terkait dengan masalah perangkat keras, seperti baterai yang rusak, motherboard yang mengalami kerusakan, atau komponen lainnya yang bermasalah. Kerusakan fisik ini dapat menyebabkan sistem menjadi tidak stabil dan sulit untuk melakukan proses booting dengan baik.
  4. Perangkat Tambahan Tidak Kompatibel: Penggunaan perangkat tambahan, seperti kartu SD atau aksesori, yang tidak kompatibel dengan HP Vivo dapat menyebabkan bootloop. Jika perangkat tambahan ini menyebabkan konflik atau kerusakan pada sistem, maka perangkat dapat terjebak di logo saat booting.
  5. Virus atau Malware: Infeksi virus atau malware pada HP Vivo juga dapat menyebabkan bootloop. Virus yang merusak sistem atau aplikasi dapat menyebabkan masalah yang serius dan menghambat fungsi normal perangkat.
  6. Gagal Pembaruan Sistem: Saat HP Vivo melakukan pembaruan sistem, terkadang prosesnya dapat terganggu atau tidak berhasil sepenuhnya. Hal ini dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem operasi dan akhirnya memicu masalah bootloop.
  7. Kerusakan EMMC: EMMC (Embedded MultiMediaCard) adalah chip penyimpanan internal pada HP Vivo. Jika EMMC mengalami kerusakan fisik atau masalah logis, perangkat dapat mengalami bootloop.

Penting untuk menyadari bahwa penyebab bootloop dapat berbeda-beda pada setiap kasus.

Cara Mengatasi HP Vivo Bootloop dengan Mudah

Jika HP Vivo Anda mengalami bootloop, jangan khawatir, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan:

1. Restart Perangkat Lunak

Langkah pertama yang bisa Anda coba adalah melakukan restart perangkat lunak pada HP Vivo. Berikut adalah cara yang bisa Anda ikuti :

  1. Tekan dan tahan tombol power.
  2. Pilih opsi “Restart” atau “Restarting” dari menu pop-up yang muncul.
  3. Tekan tombol power sekali lagi untuk mengkonfirmasi.
  4. Tunggu perangkat mati dan mulai menghidupkan kembali.
  5. Selesai.
Baca Juga :  Panduan Lengkap: Cara Membeli dan Memanfaatkan Paket Pulsa Indosat

Dengan mengikuti cara tersebut, Anda bisa dengan mudah melakukan restart perangkat lunak pada HP Vivo Anda.

Restart perangkat lunak ini membantu menghapus cache sementara dan menyelesaikan proses yang mungkin terjebak, memperbaiki masalah kecil, dan mengembalikan kinerja normal pada perangkat Anda.

2. Masuk ke Mode Recovery

Jika restart lunak tidak berhasil, coba masuk ke Mode Recovery. Berikut adalah cara untuk masuk ke Mode Recovery pada HP Vivo:

  1. Matikan HP Vivo.
  2. Setelah perangkat mati, tekan dan tahan tombol power dan tombol volume up secara bersamaan.
  3. Jangan lepaskan kedua tombol hingga muncul logo Vivo atau munculnya tampilan layar dengan opsi “Mode Recovery.”
  4. Pada layar Mode Recovery, gunakan tombol volume up atau volume down untuk navigasi, dan tombol power untuk memilih opsi yang diinginkan.
  5. Pilih opsi yang Anda butuhkan, seperti “Wipe data/factory reset” untuk mengatur ulang perangkat ke pengaturan pabrik, atau “Reboot system now” untuk merestart HP Vivo Anda dari Mode Recovery.
  6. Setelah memilih opsi yang diinginkan, tekan tombol power untuk mengonfirmasi pilihan Anda.
  7. Tunggu perangkat selesai melakukan tindakan yang Anda pilih.
  8. Setelah selesai, Anda dapat keluar dari Mode Recovery dengan memilih opsi “Reboot system now” untuk merestart perangkat dan kembali ke tampilan utama.

Mode Recovery sangat berguna untuk melakukan pemulihan atau pemecahan masalah pada perangkat Anda. Pastikan untuk berhati-hati saat menggunakan Mode Recovery, karena beberapa opsi dalam Mode Recovery dapat menghapus data atau mengatur ulang perangkat ke pengaturan pabrik.

Jika Anda tidak yakin tentang tindakan yang akan diambil, lebih baik minta bantuan dari ahli atau referensi panduan resmi perangkat Anda.

3. Flashing Firmware

Jika masalah bootloop belum teratasi, Anda dapat mencoba untuk melakukan flashing firmware pada HP Vivo.

Cara melakukan flashing firmware pada HP Vivo adalah langkah yang penting dan harus dilakukan dengan hati-hati karena melibatkan proses instalasi sistem operasi perangkat. Berikut adalah cara untuk melakukan flashing firmware pada HP Vivo:

Catatan: Sebelum memulai proses flashing firmware, pastikan Anda telah mencadangkan semua data penting dari perangkat Anda, karena proses ini akan menghapus semua data yang ada di dalamnya.

  1. Unduh Firmware Resmi: Pertama, pastikan Anda telah mengunduh firmware resmi untuk model HP Vivo Anda dari situs resmi Vivo atau dari sumber yang terpercaya. Pastikan untuk memilih firmware yang sesuai dengan nomor model perangkat Anda.
  2. Ekstrak Firmware: Setelah berhasil mengunduh firmware, ekstrak berkas yang berisi firmware ke komputer Anda. Anda akan melihat berkas-berkas dengan ekstensi seperti .zip, .tar, atau .img, tergantung pada jenis firmware yang diunduh.
  3. Matikan HP Vivo: Matikan perangkat HP Vivo Anda sepenuhnya.
  4. Masuk ke Mode Fastboot: Untuk melakukan flashing firmware, Anda perlu masuk ke Mode Fastboot. Tekan dan tahan tombol power dan tombol volume atas secara bersamaan hingga layar menyala dan muncul logo Vivo, lalu lepaskan tombol power tetapi tetap tahan tombol volume atas hingga masuk ke Mode Fastboot.
  5. Sambungkan HP ke Komputer: Sambungkan HP Vivo ke komputer menggunakan kabel USB yang sesuai.
  6. Buka Command Prompt atau Terminal: Buka Command Prompt (untuk Windows) atau Terminal (untuk macOS atau Linux) di komputer Anda.
  7. Cek Koneksi: Ketik perintah “fastboot devices” di Command Prompt atau Terminal untuk memastikan perangkat Anda terdeteksi dengan benar.
  8. Mulai Flashing Firmware: Ketik perintah untuk memulai proses flashing firmware, misalnya:
    • Untuk firmware dengan ekstensi .zip: “fastboot update firmware.zip
    • Untuk firmware dengan ekstensi .img: “fastboot flash system firmware.img
  9. Tunggu Hingga Selesai: Biarkan proses flashing berjalan hingga selesai. Jangan cabut kabel USB atau matikan perangkat selama proses berlangsung.
  10. Reboot HP Vivo: Setelah proses flashing selesai, ketik perintah “fastboot reboot” untuk merestart HP Vivo Anda.
Baca Juga :  Cara Ampuh Memperbaiki Kipas Angin Cosmos Mati Total

Setelah merestart, HP Vivo Anda akan menjalankan versi firmware baru sesuai dengan yang telah Anda flash. Pastikan untuk mengikuti panduan resmi dari Vivo atau mengikuti petunjuk yang tepat sesuai dengan perangkat Anda.

Jika Anda merasa kurang yakin atau tidak berpengalaman dengan flashing firmware, lebih baik minta bantuan dari ahli atau teknisi yang berpengalaman untuk menghindari masalah yang lebih serius.

4. Bawa ke Pusat Layanan

Jika semua langkah di atas tidak berhasil mengatasi bootloop pada HP Vivo Anda, kemungkinan ada masalah hardware yang lebih serius. Dalam hal ini, lebih baik membawa HP Vivo Anda ke pusat layanan resmi Vivo atau ke ahli teknisi terpercaya untuk diperiksa lebih lanjut dan diperbaiki.

Selalu perhatikan bahwa melakukan flashing firmware atau mengambil langkah pemecahan masalah lainnya dapat menyebabkan kehilangan data atau membatalkan garansi perangkat Anda. Jika Anda merasa tidak yakin atau tidak nyaman melakukannya sendiri, lebih baik mendapatkan bantuan dari para ahli.

Ingat untuk selalu mencadangkan data penting secara berkala dan menginstal aplikasi hanya dari sumber yang terpercaya untuk menghindari masalah bootloop atau masalah lainnya pada HP Vivo Anda di masa mendatang.

Tips Menghindari HP Vivo Mengalami Bootlop

Mengalami bootloop pada HP Vivo bisa menjadi masalah yang mengganggu dan merusak pengalaman pengguna. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menghindari masalah bootloop pada HP Vivo:

  1. Perbarui Perangkat dengan Aman: Saat menerima pemberitahuan untuk pembaruan sistem atau aplikasi, pastikan untuk mengunduh dan memasangnya dengan aman. Pastikan koneksi internet stabil dan perangkat memiliki daya yang cukup selama proses pembaruan berlangsung.
  2. Hindari Instalasi Aplikasi Tidak Resmi: Instalasi aplikasi dari sumber yang tidak resmi atau pihak ketiga dapat menyebabkan masalah kompatibilitas dan gangguan pada sistem. Instal aplikasi hanya dari Play Store atau sumber terpercaya lainnya.
  3. Pantau Aplikasi yang Terinstal: Selalu periksa aplikasi yang telah terinstal di HP Vivo Anda. Pastikan Anda menggunakan aplikasi yang terpercaya dan memiliki ulasan positif. Uninstall aplikasi yang tidak digunakan atau bermasalah.
  4. Batasi Penggunaan Aplikasi Berat: Hindari menjalankan terlalu banyak aplikasi berat atau melakukan multitasking yang berlebihan. Penggunaan aplikasi berat dapat menyebabkan perangkat menjadi lambat dan mengalami masalah.
  5. Jaga Ruang Penyimpanan: Pastikan HP Vivo Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup. Jangan biarkan penyimpanan internal terlalu penuh, karena dapat mengganggu kinerja sistem.
  6. Matikan HP Secara Tepat: Ketika tidak menggunakan perangkat, matikan HP dengan benar daripada hanya mengunci layar. Hal ini membantu mengurangi beban pada sistem dan mencegah masalah bootloop.
  7. Pentingkan Kebersihan Sistem: Hapus cache dan data aplikasi secara teratur untuk menjaga kebersihan sistem. Cache yang terlalu banyak dapat mengganggu kinerja perangkat.
  8. Hindari Overclocking: Hindari melakukan overclocking pada perangkat Anda, karena dapat menyebabkan kerusakan hardware dan masalah lainnya.
  9. Cadangkan Data Secara Rutin: Selalu melakukan cadangan data penting secara rutin, baik ke cloud atau perangkat lain. Ini membantu mencegah kehilangan data saat terjadi masalah pada perangkat.
  10. Gunakan Aplikasi Keamanan: Pasang aplikasi keamanan yang terpercaya untuk melindungi HP Vivo Anda dari ancaman virus dan malware.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membantu mencegah HP Vivo Anda mengalami masalah bootloop dan menjaga perangkat berfungsi dengan baik dalam jangka panjang. Selalu perhatikan dan rawat HP Vivo Anda dengan baik untuk memastikan kinerja optimal dan pengalaman pengguna yang menyenangkan.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai permasalahan HP Vivo dan cara mengatasi HP Vivo Bootlop dan faktor-faktor penyebabnya. Bootloop dapat menjadi masalah yang menyebalkan bagi pengguna, namun dengan langkah-langkah pemecahan masalah yang tepat, banyak kasus dapat diatasi dengan mudah.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan membantu dalam mengatasi masalah pada perangkat HP Vivo Anda.

Terimakasih dan Sampai jumpa lagi.

Bagikan Artikel ini :