Apa Saja Keunikan dari Perpustakaan UNPAM ? Simak Penjelasannya

Bmaster23.com | Perpustakaan UNPAM telah mengalami perubahan dalam beberapa tahun terakhir. Perubahan ini adalah bukti nyata dari komitmen universitas dalam menjawab tuntutan zaman, memberikan akses ke pengetahuan yang lebih luas, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang inspiratif bagi mahasiswa.

Dalam era digital yang terus berkembang, perpustakaan memiliki peran yang semakin penting dalam mendukung pendidikan dan penelitian. Universitas Pamulang menyadari pentingnya berinovasi dan bertransformasi untuk menjawab tantangan ini.

Perubahan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari infrastruktur hingga teknologi yang digunakan. Fasilitas perpustakaan telah ditingkatkan, menciptakan ruang yang lebih nyaman dan inspiratif bagi para pencari ilmu.

Selain itu, penggunaan teknologi terbaru telah diperkenalkan untuk mempermudah akses terhadap koleksi yang luas, sehingga mahasiswa dan staf universitas dapat mengeksplorasi sumber daya ilmiah dengan lebih mudah dan efisien.

Nah jika Anda penesaran mengenai apa saja keunikan dari Perpustakaan UNPAM ? Yuk simak terus pembahasan Bmaster23.com dibawah ini.

Cek juga : Apa Nama Universitas Pamulang Kampus Serang Sebelumnya

Transformasi Perpustakaan Unpam

Perpustakaan Universitas Pamulang telah menjalani perjalanan sejak awal berdirinya. Pada awalnya, perpustakaan ini berbagi bangunan dengan Pasca Sarjana Universitas Pamulang, menciptakan sinergi antara pengetahuan tingkat lanjut dan sumber daya literatur.

Namun, seiring berjalannya waktu, ada perubahan yang terjadi atas instruksi dari Ketua Yayasan dan Rektor, yang akhirnya membawa perpustakaan ke babak baru yang lebih efisien.

Perubahan tersebut terwujud pada tahun 2012, ketika gedung Pasca Sarjana dipindahkan ke lokasi baru. Keputusan ini, yang pada awalnya mungkin tampak sederhana, ternyata memiliki dampak besar pada perpustakaan.

Pemisahan antara perpustakaan dan Pasca Sarjana untuk memaksimalkan ruang dan pelayanannya dengan lebih eketif.

Ukuran besar perpustakaan, dengan koleksi literatur yang terus bertambah, memerlukan ruang yang memadai untuk menampung dan menyusun sumber daya ilmiah.

Baca Juga :  50+ Kumpulan Judul Laporan Kerja Praktek Geologi

Dengan pemindahan Pasca Sarjana, perpustakaan dapat mengalokasikan ruang yang lebih besar dan lebih tertata rapi untuk koleksi, memastikan akses yang lebih baik dan kenyamanan bagi pengguna.

Perubahan lokasi ini juga memberikan keuntungan tambahan dalam hal peningkatan layanan. Dengan gedung perpustakaan yang memiliki fokus sendiri, perpustakaan dapat lebih khusus dalam menyediakan fasilitas dan sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Keunikan Perpustakaan UNPAM

Perpustakaan Universitas Pamulang, yang berlokasi di Jl. Surya Kencana No.1, Pamulang, Tangerang Selatan, memiliki daya tarik yang unik dan fungsionalitas yang luar biasa.

Gedung perpustakaannya yang terdiri dari tiga lantai menawarkan pengalaman berbeda bagi para pengguna, menciptakan ruang yang sempurna untuk berbagai kegiatan akademik.

1. Lantai Pertama

Lantai pertama adalah pintu gerbang utama untuk mencari pengetahuan dalam berbagai bentuk. Di sini, Anda akan menemukan koleksi buku yang beragam, jurnal, kamus, dan fasilitas fotokopi.

Lantai ini adalah tempat yang sempurna untuk memulai pencarian referensi Anda, dan staf perpustakaan yang ramah selalu siap untuk membantu. Dengan suasana yang nyaman dan sumber yang lengkap, lantai pertama adalah pusat informasi yang vital bagi setiap mahasiswa.

2. Lantai Kedua

Lantai kedua adalah pusat studi kelompok dan akses cepat ke sumber daya elektronik. Di sini, Anda dapat mengeksplorasi berbagai buku tambahan, mengakses katalog komputer, mengikuti perkembangan media massa, atau bahkan menggunakan ruang komputer yang dilengkapi dengan perangkat lunak terkini.

Lantai ini juga menawarkan ruang diskusi yang nyaman, tempat mahasiswa dapat berkolaborasi dan mendiskusikan proyek bersama. Ini adalah tempat yang ideal untuk mengembangkan ide-ide kreatif.

3. Lantai Ketiga

Lantai ketiga adalah surga bagi peneliti dan yang mencari pengetahuan mendalam. Di sini, perpustakaan menyimpan koleksi referensi yang lebih khusus, termasuk skripsi, tesis, disertasi, dan hasil penelitian dari dosen-dosen universitas.

Lantai ini adalah harta karun bagi yang ingin menggali lebih dalam dalam studi atau mengejar penelitian yang lebih spesifik. Dengan fasilitas yang modern dan akses ke koleksi yang berharga, lantai ketiga adalah sumber daya yang tak ternilai.

Baca Juga :  50 Ide Judul Laporan Kerja Praktek Bisnis Internasional yang Menarik dan Relevan dengan Tren Global Terkini

Dengan keunikan lantai demi lantai, perpustakaan Universitas Pamulang tidak hanya menjadi tempat mencari buku, tetapi juga pusat kegiatan intelektual, kolaborasi, dan penelitian.

Cek juga : Kapan Didirikan Sasmita Jaya Televisi ?

Sistem Informasi Berbasis Web di Perpustakaan UNPAM

Perpustakaan Universitas Pamulang telah bertransformasi dengan pesat, mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan pengunjungnya. Salah satu langkah cerdas yang telah diambil adalah adopsi sistem informasi perpustakaan berbasis web yang modern.

Keputusan ini bukan hanya mengikuti tren teknologi, tetapi juga bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada semua pengunjung.

Dengan sistem informasi perpustakaan berbasis web, pengguna perpustakaan dapat dengan mudah mengakses sumber daya perpustakaan kapan saja dan di mana saja melalui internet.

Ini adalah langkah yang memungkinkan mahasiswa, dosen, dan peneliti untuk memanfaatkan koleksi perpustakaan dengan lebih efisien. Berikut beberapa manfaat utama dari adopsi sistem ini:

1. Akses yang Mudah dan Cepat

Dengan sistem berbasis web, pengguna dapat melakukan pencarian dan mengakses koleksi perpustakaan dengan cepat. Tidak perlu lagi datang secara fisik ke perpustakaan, yang dapat menghemat waktu dan usaha. Ini sangat membantu bagi mereka yang memiliki jadwal yang padat atau berada di luar kampus.

2. Katalog Terpadu

Sistem ini menyediakan katalog terpadu yang mencakup semua jenis sumber daya perpustakaan, termasuk buku cetak, e-book, jurnal elektronik, tesis, dan banyak lagi. Pengguna dapat dengan mudah menelusuri dan menemukan referensi yang mereka butuhkan dalam satu tempat.

3. Informasi Real-Time

Sistem ini juga memberikan informasi real-time tentang ketersedian buku. Pengguna dapat melihat ketersediaan buku secara langsung, menghindari kekecewaan saat buku yang mereka cari sedang dipinjam oleh orang lain.

Perpustakaan Unpam berkomitmen untuk memastikan bahwa semua pengunjungnya memiliki pengalaman penelitian dan pembelajaran yang optimal.

Dengan adopsi sistem informasi perpustakaan berbasis web, mereka telah memastikan bahwa pengetahuan dan sumber daya perpustakaan dapat diakses dengan mudah dan efisien.

Akhir Kata

Dengan mengetahui apa saja keunikan dari Perpustakaan UNPAM, tentu memiliki daya tarik tersenidir bagi para calon mahasiwa.

Apakah Anda tertarik untuk kuliah di Unversitas UNPAM ? Yuk tentukan tujuan masa depan Anda disini.

Semoga pembahasan Bamster23.com dapat bermanfaat untuk semua.

Terimakasih dan sampai jumpa lagi, jangan lupa bagikan artikel ini.

Bagikan Artikel ini :